LEADER AND LEADERSHIP

 LEADER AND LEADERSHIP


TOPIK 01. APA ITU LEADER


APA ITU LEADER


Tidak ada definisi yang pasti tentang pemimpin. Setiap pemimpin mempunyai gaya memimpin  yg berbeda tergantung dari karakter dan masalah yang di hadapi nya namun para pemimpin biasanya memiliki kualitas yg tinggi dalam hal2 berikut:


  • Empati

  • Fokus

  • Kejujuran

  • Optimisme


  • Akuntabilitas (bisa bertanggung jawab)

  • Kesadaran (memahami situasi)

  • Kepercayaan Diri

  • Pengambilan Keputusan






Tantangan yg menjadi tugas leader


01


M
ENJADI LEBIH EFEKTIF


02


MENJADI INSPIRASI BAGI YANG LAIN


03


MENGEMBANGKAN KARYAWAN/TEAM


04


MEMIMPIN TEAM





1.MENJADI LEBIH EFEKTIF


Tentang bagaimana mempelajari hal2 yang relevant dan bermanfaat seperti :

1.Management waktu

2.Berpikir Strategis
3.Mengambil Keputusan

4. Menganalisa Data

5.Komunikasi


Pada inti nya bagaimana menjadi lebih cepat dalam bekerja dan lebih efektif

05


MEMANDU PERUBAHAN


2.Menjadi inspirasi bagi yang lain


Lakukan dahulu apa yg ingin di terapkan bagi anggota tim!.

Contoh: 

-Tidak datang terlambat

-Jika ingin TELE mencapai 10, buktikan kalau Kita juga bisa mencapai 10

-Berprilaku jujur



2.Menjadi inspirasi bagi yang lain


Lakukan dahulu apa yg ingin di terapkan bagi anggota tim!.

Contoh: 

-Tidak datang terlambat

-Jika ingin TELE mencapai 10, buktikan kalau Kita juga bisa mencapai 10

-Berprilaku jujur


05

4.Memimpin team


-Bagaimana menyediakan support bagi team

-Menjadi efektif dalam kolaborasi

-Bagaimana memimpim tim yang besar

-Bagaimana membuat aturan main bagi tim




5.Memandu PERUBAHAN

Perubahan Sudah pasti terjadi dalam sebuah bisnis 

Maka yang harus di kuasai oleh pemimpin adalah :

-Mengurangi Hal negatif dari perubahan

-Bagaimana Menghadapi Tim yang Tidak mau berubah lebih baik

-dan Menghadapi reaksi2 Tim terhadap perubahan



6.Mengelola Pemangku Kepentingan


Leader harus bisa Mengelola Relationship, Belajar politik,Mengambil hati  Dan Menjaga Citra (Image) baik Dengan Bawahan, Dengan Level yang setingkat mau pun dengan Senior / atasan nya



EMANGKU Cara untuk mengembangkan kepemimpinan


1. MEMBANGUN DISIPLIN

Disiplin adalah ciri yang harus dimiliki baik oleh leader maupun oleh anggota.salah satu cara membangun disiplin adalah selalu datang tepat waktu,penuhi komitmen pekerjaan.

2. Lebih banyak mengambil tanggung jawab

Leader yang baik akan belajar untuk bertanggung jawab atas bisnis dan usaha milik dia. Dengan lebih banyak mengambil tanggung jawab , maka kita bisa menunjukan kepada anggota bahwa kita memang seorang leader yang berkualitas


KEPENTINGAN (STAKE HOLDER)



Komentar