LEADER AND LEADERSHIP
LEADER AND LEADERSHIP
TOPIK 01. APA ITU LEADER
APA ITU LEADER
Tidak ada definisi yang pasti tentang pemimpin. Setiap pemimpin mempunyai gaya memimpin yg berbeda tergantung dari karakter dan masalah yang di hadapi nya namun para pemimpin biasanya memiliki kualitas yg tinggi dalam hal2 berikut:
Empati
Fokus
Kejujuran
Optimisme
Akuntabilitas (bisa bertanggung jawab)
Kesadaran (memahami situasi)
Kepercayaan Diri
Pengambilan Keputusan
Tantangan yg menjadi tugas leader
01
M
ENJADI LEBIH EFEKTIF
02
MENJADI INSPIRASI BAGI YANG LAIN
03
MENGEMBANGKAN KARYAWAN/TEAM
04
MEMIMPIN TEAM
1.MENJADI LEBIH EFEKTIF
Tentang bagaimana mempelajari hal2 yang relevant dan bermanfaat seperti :
1.Management waktu
2.Berpikir Strategis
3.Mengambil Keputusan
4. Menganalisa Data
5.Komunikasi
Pada inti nya bagaimana menjadi lebih cepat dalam bekerja dan lebih efektif
05
MEMANDU PERUBAHAN
2.Menjadi inspirasi bagi yang lain
Lakukan dahulu apa yg ingin di terapkan bagi anggota tim!.
Contoh:
-Tidak datang terlambat
-Jika ingin TELE mencapai 10, buktikan kalau Kita juga bisa mencapai 10
-Berprilaku jujur
2.Menjadi inspirasi bagi yang lain
Lakukan dahulu apa yg ingin di terapkan bagi anggota tim!.
Contoh:
-Tidak datang terlambat
-Jika ingin TELE mencapai 10, buktikan kalau Kita juga bisa mencapai 10
-Berprilaku jujur
05
4.Memimpin team
-Bagaimana menyediakan support bagi team
-Menjadi efektif dalam kolaborasi
-Bagaimana memimpim tim yang besar
-Bagaimana membuat aturan main bagi tim
Perubahan Sudah pasti terjadi dalam sebuah bisnis
Maka yang harus di kuasai oleh pemimpin adalah :
-Mengurangi Hal negatif dari perubahan
-Bagaimana Menghadapi Tim yang Tidak mau berubah lebih baik
-dan Menghadapi reaksi2 Tim terhadap perubahan
6.Mengelola Pemangku Kepentingan
Leader harus bisa Mengelola Relationship, Belajar politik,Mengambil hati Dan Menjaga Citra (Image) baik Dengan Bawahan, Dengan Level yang setingkat mau pun dengan Senior / atasan nya
EMANGKU Cara untuk mengembangkan kepemimpinan
1. MEMBANGUN DISIPLIN
Disiplin adalah ciri yang harus dimiliki baik oleh leader maupun oleh anggota.salah satu cara membangun disiplin adalah selalu datang tepat waktu,penuhi komitmen pekerjaan.
2. Lebih banyak mengambil tanggung jawab
Leader yang baik akan belajar untuk bertanggung jawab atas bisnis dan usaha milik dia. Dengan lebih banyak mengambil tanggung jawab , maka kita bisa menunjukan kepada anggota bahwa kita memang seorang leader yang berkualitas
KEPENTINGAN (STAKE HOLDER)
Komentar
Posting Komentar